Cara Menghentikan Menstruasi Agar Cepat Selesai Dalam 1 Hari

Bagi kebanyakan wanita, setiap mengalami siklus menstruasi bisa menjadi waktu yang menyebalkan dan penuh keterbatasan. Selain membatasi aktivitas, ada juga yang merasa kesulitan karena merasa tidak nyaman, dan yang lainnya tidak dapat melakukan aktivitas favorit atau acara penting mereka.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghentikan menstruasi lebih cepat bahkan hanya dalam 1 hari. Beberapa di antaranya aman dilakukan setiap bulan, tetapi yang lainnya hanya boleh digunakan secukupnya atau dengan persetujuan dokter.

menstrual cup

menstrual cup – alat yang bisa kita gunakan untuk menghentikan menstruasi sementara

Berikut cara ampuh menghentikan menstruasi dalam 1 hari:

1. Gunakan Kontrasepsi

Cara efektif untuk menghentikan menstruasi adalah dengan menggunakan metode kontrasepsi atau pil KB. Sebelum Anda melakukannya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memang ada banyak metode kontrasepsi, namun dalam hal menghentikan haid maka digunakan kontrasepsi hormonal. Kontrasepsi jenis ini bekerja dengan cara menghambat ovulasi dan pembuahan. Alat kontrasepsi ini bisa disuntikkan, pil yang diminum, implan atau susuk, dan dalam bentuk spiral.

Cara termudah untuk menghentikan haid adalah dengan menggunakan kontrasepsi oral dalam bentuk pil. Pil hormonal ini akan mempersingkat waktu haid dengan cara membuat lapisan rahim meluruh dengan cepat.

Namun, sekali lagi Anda harus mendiskusikan pilihan ini dengan dokter terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendapatkan pilihan pil yang tepat dan cara penggunaan yang tepat.

Ingat, kontrasepsi hormonal yang berkepanjangan memiliki efek samping peningkatan risiko sakit kepala, ketidakseimbangan hormonal, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Jadi sebelum menggunakan salah satu dari alat kontrasepsi ini, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan panduan yang benar.

2. Gunakan Menstrual Cup

Ada cangkir menstruasi yang disebut Softcup yang disisipkan melalui vagina dan diletakkan di depan serviks untuk menampung darah haid. Alat tersebut tidak menghentikan menstruasi, tapi mencegah darah mengalir dari vagina, seperti tampon. Alat ini bisa dipakai hingga 12 jam dan bisa digunakan kembali selama menstruasi.

Keuntungan menggunakan perangkat ini adalah dapat menghentikan menstruasi tanpa efek samping hormon atau obat-obatan. Anda bisa menggunakannya saat berenang maupun bepergian. Namun, untuk menghindari kebocoran Anda harus segera mengganti cangkir lama dengan cangkir baru. Anda juga harus ingat bahwa cangkir ini tidak mencegah kehamilan dan tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat kontrasepsi.

3. Minum Obat

Asam traneksamat (tablet) adalah obat yang menginduksi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi pendarahan menstruasi yang berat sekitar 30-60 persen. Anda bisa minum 2-3 tablet, 3-4 kali sehari saat menstruasi dimulai. Cara ini dapat berlanjut selama tiga atau empat hari.

Obat antiinflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen adalah obat penghilang rasa sakit yang mungkin juga direkomendasikan untuk mengendalikan aliran darah menstruasi. Tablet ini membantu mengurangi kram perut yang berhubungan dengan menstruasi, namun bisa juga mengurangi pendarahan hingga 20-50%. Anda dapat meminumnya 3-4 kali sehari sebelum menstruasi dan teruskan minum sampai menstruasi Anda berhenti.

Gonadotropin-releasing hormone agonists adalah obat yang dapat mengurangi pendarahan selama menstruasi dan mensimulasikan menopause sementara, termasuk hot flashes. Namun, obat ini hanya boleh digunakan secara jangka pendek karena sangat mahal dan bisa menghasilkan efek samping yang serius. Obat ini bekerja dengan mengganggu aktivitas estrogen di tubuh Anda. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan tulang lemah atau osteoporosis.

4. Pertimbangkan Operasi

Dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengendalikan atau menghentikan menstruasi Anda apabila memang diperlukan. Hal ini biasanya dilakukan jika Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan pendarahan menstruasi berat seperti mioma, fibroid uterus, atau endometriosis.

Dokter Anda mungkin menyarankan histerektomi, atau pengangkatan rahim sepenuhnya. Pengangkatan rahim benar-benar akan menghentikan menstruasi (selamanya), namun hanya akan dilakukan jika prosedur bedah lainnya tidak berhasil. Prosedur lainnya meliputi:

  • Embolisasi arteri uterus, yang menghalangi arteri, sehingga menyebabkan fibroid menyusut.
  • Miomektomi, atau pengangkatan mioma (tumor non-kanker di dalam rahim).
  • Ablasi endometrium, yang menghancurkan lapisan dalam rahim.

5. Berolahraga Secara Teratur

Menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tapi juga membantu meringankan aliran menstruasi Anda. Kegiatan ini dapat mengurangi jumlah hari menstruasi Anda. Berolahraga juga dapat mengurangi retensi air, yang bisa meredakan kembung dan mengurangi kram saat menstruasi.

Berkonsultasilah dengan dokter tentang rencana olahraga terbaik untuk Anda. Olahraga yang berlebihan dapat mengurangi lemak tubuh, yang bisa menurunkan berat badan Anda ke kisaran tidak sehat. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan hormon Anda dan menyebabkan Anda tidak menstruasi sama sekali. Meski kedengarannya menyenangkan, hal tersebut bisa berdampak negatif pada kesehatan reproduksi Anda.

6. Hindari Penggunaan Tampon

Lebih baik menggunakan pembalut daripada tampon. Karena tampon menghalangi aliran internal darah menstruasi, sehingga dapat memperpanjang proses menstruasi Anda.  Sedangkan pembalut bekerja dengan menyerap cairan menstruasi setelah keluar dari tubuh Anda, sehingga dapat membantu untuk menghentikan menstruasi lebih cepat.

 

7. Tingkatkan Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi kadar progesteron Anda. Hal ini dapat membantu meluruhkan lapisan rahim dengan lebih cepat, sehingga dapat mempersingkat masa menstruasi Anda. Pastikan hanya mengonsumsi dosis yang dianjurkan. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut, diare, dan insomnia. Baca: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Cara menghentikan menstruasi dalam 1 hari lainnya yang mungkin efektif:

 

  • Konsumsi Gelatin. Dengan metode ini, Anda bisa menghentikan menstruasi kurang dari satu hari, bahkan hanya dalam beberapa jam. Belilah gelatin di toko dan campurkan satu sachet dengan air. Minum dengan cepat dan dalam waktu sekitar tiga jam menstruasi biasanya berhenti. Masih perlu dibuktikan.
  • Mengunyah Lemon. Tips mengunyah lemon ini merupakan cara tradisional yang terbukti dapat menghentikan menstruasi dalam 1 hari. Caranya kunyah sepotong lemon dan menstruasi Anda akan berhenti atau setidaknya mengurangi mempersingkat menstruasi Anda.
  • Konsumsi Cuka. Meskipun cuka tidak bisa menghentikan siklus menstruasi sepenuhnya, cairan asam ini bisa memperingan pendarahan selama menstruasi dan mempercepat menstruasi Anda. Tambahkan dua sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air dan minumlah. Selama menstruasi, Anda bisa melakukan ini tiga kali sehari.
  • Perbanyak Minum Air dan Jus. Perbanyaklah minum air putih atau jus yang dapat membantu Anda meringankan waktu menstruasi Anda.
  • Perbanyak Makan Buah dan Sayur. Makan makanan sehat, mengonsumsi banyak buah dan sayuran juga bisa membantu mempercepat gejala menstruasi. Kacang hijau khususnya diketahui membantu memperlambat siklus haid Anda.
  • Mandi Air Hangat. Mandi air hangat juga bisa membantu memperlambat sementara atau menghentikan aliran menstruasi Anda.

Demikianlah ulasan mengenai tips mengakhiri proses menstruasi Anda lebih cepat. Tips di atas dapat berefek, apabila Anda melakukannya dengan benar dan sesuai petunjuk. Selamat mencoba!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer