Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Tuntutan metabolik selama kehamilan membuat ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan tambahan dengan kepadatan nutrisi tinggi. Di samping itu, selama kehamilan hasrat wanita untuk ngemil-pun menjadi lebih sulit dibendung. Agar dapat terpenuhi, berikut kami paparkan beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan berdasarkan pada setiap trimester kehamilan.

cemilan sehat untuk ibu hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama

Pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan makanan yang kaya akan folat dan suplemen asam folat sebesar 600 mcg/hari. Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau brokoli dan buah-buahan seperti alpukat, jeruk dan kiwi merupakan sumber alami folat yang baik.

Kombinasikan sayuran dan buah-buahan tersebut untuk mendapatkan seporsi salad yang nikmat juga menyehatkan. Pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari sebagai cemilan sehat agar kebutuhan folat harian selama kehamilan dapat terpenuhi.

Selain itu, pada trimester pertama ini, ibu hamil juga membutuhkan lebih banyak asupan makanan yang kaya akan vitamin A. Pasalnya, vitamin satu ini sangat penting bagi perkembangan organ-organ bayi, sistem saraf sekaligus berperan dalam membantu melawan infeksi.

Telur dan keju merupakan sumber vitamin A yang berasal dari hewani. Sementara dari produk nabati yang dapat dipilih diantaranya seperti buah mangga, blewah, semangka, pepaya dan beragam sayuran seperti wortel, labu atau ubi jalar. Selengkapnya baca : Makanan yang Mengandung Vitamin A Tertinggi (Buah, Sayuran, Hewani)

Cemilan sehat untuk ibu hamil pada trimester kedua

Pada trimester kedua, ibu hamil harus berfokus pada kecukupan kalsium harian dalam tubuh. Lantaran pada trimester ini, tulang dan gigi bayi sudah mulai berkembang. Di samping itu, keberadaan kalsium dalam tubuh juga dibutuhkan guna mengurangi risiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Untuk membantu penyerapan dan penggunaan kalsium oleh tubuh selama kehamilan, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D harian sebesar 10 mcg. Vitamin D juga dapat dengan mudah diperoleh melalui sinar matahari pagi. Jadi, cobalah untuk rutin berjemur di setiap pagi setidaknya selama 10-15 menit.

Bicara cemilan sehat pada trimester ini, terdapat beberapa pilihan seperti yogurt (pilih yang lebih rendah gula dan tinggi kalsium), buah ara/tin kering, kacang almond, susu dan berbagai produk olahannya serta beragam produk kedelai semisal susu kedelai, tahu dan tempe.

Tambahkan pula cemilan yang kaya magnesium seperti kentang panggang atau pun campuran biji bunga matahari dan biji labu karena berguna untuk mengatur suhu tubuh sekaligus membantu mengoptimalkan proses perubahan makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Kombinasi roti gandum utuh dan beberapa irisan ikan tuna atau salmon dapat pula dikonsumsi setiap pagi dalam bentuk sandwich guna memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 yang penting bagi perkembangan otak dan mata bayi.

Cemilan sehat untuk ibu hamil pada trimester ketiga

Pada trimester ketiga, ibu hamil membutuhkan energi ekstra. Karena itulah, pada masa ini dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan 200 kalori setiap harinya. Sepotong roti gandum disertai dengan 1 butir telur rebus, sepotong dada ayam tanpa lemak ukuran sedang dan 2 iris tomat menjadi menu makanan terbaik yang dapat dinikmati di pagi atau malam hari.

Pada trimester akhir ini pula, ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang kaya akan vitamin C dan B1 (tiamin). Hal ini tak lain karena kedua vitamin tersebut berperan penting untuk menjaga sistem imun, melindungi sel dari kerusakan, membantu plasenta untuk berkembang dan bekerja lebih baik serta membantu lapisan usus agar lebih mudah menyerap zat besi.

Buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran kaya akan vitamin juga mineral sehingga dapat dinikmati sebagai cemilan sehat kapan pun perut terasa lapar. Sekali-kali, ibu hamil juga dapat mencemili dark chocolate karena disinyalir dapat menurunkan risiko preeklampsia.

Perhatikan pula kebutuhan serat dan air guna mencegah terjadinya sembelit. Minumlah air putih sekitar 8 gelas sehari dan rutinlah untuk mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian atau pun kacang-kacangan setiap hari sebagai sumber serat yang baik. Bila bosan, popcorn tanpa tambahan mentega, garam dan gula pun dapat menjadi cemilan yang kaya serat.

Baca: Jenis Buah dan Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat untuk ibu hamil berdasarkan pada setiap trimester kehamilan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi bila saja membutuhkan diet khusus atau ingin menggunakan suplemen tertentu.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga