Cara Mudah Kenali Ciri-Ciri Wanita Subur

Anda dan pasangan baru saja menikah dan ingin segera memiliki momongan? Hal itu mudah tercapai apabila suami istri sama-sama subur. Tanpa harus pergi ke dokter, sebenarnya Anda bisa mencari tahu sendiri bagaimana ciri-ciri wanita subur itu.

Pada umumnya, seorang wanita sehat berada pada puncak masa suburnya saat usianya masih di bawah 34 tahun. Jika lewat dari umur tersebut, bukan berarti ia tidak dapat hamil lagi. Kemungkinan itu masih tetap ada, meski kemungkinannya lebih kecil dari sebelumnya.

ciri-ciri wanita subur

Ciri-ciri Wanita Subur secara Umum

Jika Anda penasaran tentang apakah Anda masih subur atau tidak, maka coba simak beberapa ciri-ciri wanita subur secara umum berikut ini:

  1. Siklus haid lancar

Ketika siklus haid Anda normal dan lancar-lancar saja, maka itu berarti proses ovulasi juga berlangsung dengan baik. Hormon dalam tubuh pun boleh dibilang berada pada level seimbang dan sehat. Lancarnya siklus haid juga memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan mudah, kapan saat dimana Anda memiliki potensi hamil tertinggi.

Dalam periode haid yang normal, yakni selama 24-35 hari, ovulasi biasanya terjadi pada pertengahan. Kalau Anda mengalami beberapa gejala seperti payudara lebih sensitif dan lunak, kram perut, hingga libido lebih meningkat ketimbang biasanya, maka itu merupakan tanda bahwa tubuh sedang mendekati atau masuk masa ovulasi.

  1. Berat badan ideal

Percaya atau tidak, ada kaitan erat antara berat badan dengan keseimbangan hormon dalam tubuh. Ketika berat badan Anda terlalu kurus atau gemuk, maka bukan hanya kadar hormon yang terganggu, namun juga proses ovulasi.

Kondisi tubuh yang terlalu kurus bahkan bisa membuat ovulasi berhenti total karena tubuh sedang berupaya untuk menghemat energi. Dan bila tidak segera diatasi, maka seorang wanita bisa susah punya anak atau mandul. Sebaliknya mereka yang obesitas juga memiliki resikonya sendiri karena rawan terkena sindrom ovarium polikistik yang dapat memicu mandul permanen.

Baca juga: Ciri-Ciri Wanita Mandul yang Perlu Diwaspadai

Oleh sebab itu berat badan ideal menjadi salah satu ciri wanita subur. Apabila berat badan Anda saat ini belum ideal, maka usahakan untuk mencapainya. Dan apabila sudah ideal, maka berusahalah untuk tetap mempertahankannya. Silahkan cek dengan Kalkulator Berat Badan Ideal

  1. Tidak menggunakan kontrasepsi

Ciri-ciri wanita subur secara umum yang satu ini pasti sudah jelas. Namun tahukah Anda kalau dampak pemakaian kontrasepsi dapat berlangsung hingga 1 tahun lamanya? Hanya karena Anda sudah menghentikan penggunaan kontrasepsi beberapa minggu lalu, tidak berarti kalau Anda bisa langsung hamil setelahnya. Tubuh perlu waktu untuk meregulasi siklus haid hingga ovulasi dapat kembali lancar seperti sediakala.

  1. Tidak menderita penyakit menular seksual

Biasanya wanita yang terkena penyakit menular seksual memiliki resiko mandul lebih besar. Tak hanya itu, gangguan medis seperti penyakit klamidia atau gonore dapat memicu radang panggul yang kemudian memengaruhi organ reproduksi juga. Infeksi akibat penyakit menular seksual dapat menimbulkan cacat pada saluran tuba atau organ reproduksi lainnya sehingga ovulasi terhambat dan kemampuan hamil jadi berkurang.

Baca: Duh, Akibat Keputihan Bisa Mandul!

  1. Tidak merokok

Riset mendapati bahwa perempuan yang doyan merokok beresiko mandul 3 kali lebih besar ketimbang yang tidak. Tingkat kesuburan mereka pun bahkan merosot hingga 43%. Kondisi ini akan semakin buruk kalau sang suami juga perokok berat.

Alasannya sederhana, zat kimia yang terdapat dalam rokok merusak sel telur dan menghambat ovulasi. Dan kalaupun wanita perokok sampai hamil, maka resiko keguguran atau bayi lahir mati tetap besar.

  1. Bebas stres

Jangan merasa stres kalau tidak kunjung dikaruniai anak. Hal ini dikarenakan stres merupakan salah satu penghalang terbesar bagi seorang wanita untuk bisa hamil. Ketika stres, kadar hormon kortisol dan prolaktin dalam tubuh meningkat sehingga menghambat ovulasi. Dan bila stres tak segera diatasi, maka imun tubuh pun ikut melemah sehingga resiko hamil semakin kecil.

Setelah membaca beberapa ciri wanita subur di atas, kini Anda yakin kalau Anda termasuk wanita subur (yes!!). Lalu kini, bagaimana cara mengetahui kapan saat yang tepat untuk berhubungan dengan suami? Bagaimana cirinya kalau Anda sedang berada dalam masa subur?

Ciri-ciri Wanita Berada pada Masa Subur

Menurut para ahli, ciri-ciri di bawah ini akan mulai nampak 5 hari sebelum ovulasi. Masa ovulasi sendiri terjadi antara 12-14 hari sebelum haid. Namun perhitungan ini hanyalah rata-rata secara umum saja. Gejalanya bisa muncul lebih cepat atau lambat tergantung dari siklus haid selama ini.

Berikut ciri-ciri wanita yang sedang berada pada masa subur:

  1. Observasi lendir

Salah satu ciri-ciri wanita berada pada masa subur yang pertama adalah ketika cairan atau lendir yang keluar dari vaginanya bertekstur bening, encer, dan sedikit pekat seperti putih telur. Tekstur cairan demikian dipercaya para ahli mampu membantu sperma meluncur masuk ke vagina sehingga lebih mudah mencapai sel telur.

  1. Lebih basah dari biasanya

Menjelang masa ovulasi, jumlah lendir tadi biasanya lebih banyak sehingga Anda akan merasa lebih ‘basah’ daripada biasanya. Cek juga: Kapan Masa Subur Wanita Setelah Haid?

  1. Payudara lebih lunak

Tekstur payudara biasanya juga lebih lunak selama ovulasi berlangsung. Hal ini dikarenakan kadar progesteron sedang meningkat dalam tubuh.

  1. Libido meningkat

Libido juga biasanya cenderung meningkat saat ovulasi. Oleh sebab itu, kalau Anda merasa lebih on ketimbang biasanya, maka ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda sedang berada pada masa subur.

  1. Bercak darah

Selain sebagai pertanda adanya kanker rahim, bercak darah ternyata juga dapat muncul sebelum atau selama ovulasi. Namun hanya sedikit sekali dan seringkali tidak disadari.

  1. Kram perut

Lebih dari 90% wanita mengalami kram perut setiap bulannya sebelum haid. Untungnya gejala nyeri saat ovulasi ini dapat diatasi dengan beberapa obat rumahan.

  1. Merasa Bengkak

Apakah Anda merasa tubuh bengkak seperti balon? Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh selama ovulasi berlangsung. Untuk mengatasinya, Anda disarankan banyak minum air hangat.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala mungkin bukanlah hal yang Anda inginkan, namun ini pun bisa menjadi ciri-ciri wanita subur. Untuk meredakannya, seduhlah teh hijau atau perasan lemon dan diminum selagi hangat. Jika hal ini belum cukup membantu Anda bisa meredakannya dengan obat sakit kepala.

Disamping memperhatikan ciri-ciri di atas, Anda juga harus bisa Menentukan Masa Subur Wanita dengan cara menghitungnya.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer