Berbagai Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah pada Wanita

Seorang wanita sangat mungkin mengalami sakit perut sebelah kiri dengan berbagai penyebab yang melatarinya. Ada yang mengganggu tapi tak berbahaya, namun ada pula kondisi-kondisi yang harus diwaspadai dan segera mendapatkan pertolongan darurat karena berpotensi mengancam jiwa.

Di sinilah letak urgensi mengetahui berbagai penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita beserta cirinya masing-masing. Beberapa faktor kunci yang dibutuhkan untuk memudahkan menentukan penyebabnya antara lain usia dan riwayat medis terdahulu.

Misalnya, seorang wanita pascamenopause berusia 60 tahun, maka saat sakit perut menderanya, itu tak mungkin akibat mittelschmerz, alias rasa sakit yang terkait dengan ovulasi. Begitupun sebaliknya, pada seorang wanita muda, kemungkinan penyebab sakit perut area kiri bawah bisa jadi akibat mittelschmerz, nyeri haid, kehamilan, dan lain-lain.

Pada intinya, nyeri perut kiri bawah pada wanita tidak hanya melibatkan organ-organ dalam saluran cerna, saluran kemih, dan persarafan, tetapi juga organ reproduksi yang khas pada wanita, seperti ovarium, saluran tuba, rahim, serta proses menstruasi dan kehamilan. Selangkapnya simak uraian di bawah ini.

# Gangguan dari organ reproduksi

Inilah beberapa kondisi organ reproduksi yang menyebabkan sakit perut kiri bawah pada wanita:

1. Kram menstruasi (dismenore)

Kram biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Meskipun rasa sakit dapat berkisar dari sakit ringan hingga mengganggu aktivitas harian, kram menstruasi biasanya tidak serius. Istrihat dan kompres hangat dapat membantu, pelajari selengkapnya: 13 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sampai Tuntas

2. Mittelschmerz

Wanita usia menstruasi dapat mengalami rasa sakit mittelschmerz di tengah siklus menstruasi mereka, yakni sekitar waktu ovulasi. Nyeri perut sisi bawah biasanya berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam, tetapi bisa berlanjut selama satu atau dua hari. Rasa nyeri yang tajam dan tiba-tiba disertai oleh pendarahan atau cairan vagina yang ringan.

3. Endometriosis

Disebut endometriosis apabila jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim juga tumbuh di luar rahim. Ini dapat menyebabkan sakit perut dan kemandulan.

Keberadannya ditandai dengan gejal-gejala berikut:

  • kram menstruasi yang semakin menyakitkan dari waktu ke waktu.
  • sakit saat ‘campur’ dengan suami
  • buang air besar atau kecil yang menyakitkan
  • menstruasi yang berat
  • bercak pendarahan diluar jadwal mens

Atasi dengan cara berikut: Cara Mengatasi Nyeri Perut Kiri Bawah Akibat Endometriosis

4. Kista ovarium

kista ovarium penyebab sakit perut sebelah kiri

Tidak semua kista ovarium menyebabkan sakit perut kiri bawah, karena kebanyakan kista merupakan bagian dari siklus menstruasi yang normal. Masalah timbul pada kista yang berukuran besar karena menyebabkan ketidaknyamanan dan sering buang air kecil apabila sampai menekan kandung kemih.

Kista yang pecah (pecah terbuka) dapat menyebabkan beberapa masalah serius, seperti nyeri hebat atau pendarahan internal. Temui dokter atau dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami:

  • tiba-tiba, sakit perut yang parah
  • nyeri dengan demam atau muntah
  • tanda-tanda syok, seperti kulit dingin dan berkeringat, napas cepat, kepala ringan, atau lemas

5. Torsi ovarium

Kista ovarium yang besar dapat menyebabkan ovarium terpuntir (torsio). Kejadian ini amat sangat menyakitkan dan dapat berakibat fatal. Torsi ovarium lebih mungkin terjadi pada kehamilan atau penggunaan hormon untuk mempromosikan ovulasi.

Temui dokter segera jika Anda merasakan sakit tiba-tiba yang parah di perut yang disertai muntah. Pembedahan sering diperlukan untuk mengurai puntiran ovarium atau mengangkatnya.

5. Kehamilan ektopik terganggu

Bagi para wanita yang positif hamil, harus lebih waspada saat mengalami sakit perut yang mendadak, baik disebalah kiri bawah ataupun kanan bawah. Rasa sakit yang hebat disertai dengan pendarahan, pusing, lemah, terlihat pucat, dan kaki tangan dingin, menandakan kehamilan ektopik yang terganggu.

Terganggu di sini, maksudnya adalah pecahnya kehamilan ektopik sehingga menimbulkan pendarahan hebat dan berbahaya. Kenali Ciri – Ciri Hamil di Luar Kandungan Sejak Dini

6. Penyakit radang panggul (PID)

PID adalah infeksi pada sistem reproduksi wanita. Ini umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual (STD), seperti klamidia dan kencing nanah (gonore), tetapi jenis infeksi lain juga dapat menyebabkan PID.

Selain sakit perut sebelah kiri bawah atau kanan bawah, gejalanya bisa meliputi:

  • demam
  • keputihan dengan bau yang buruk
  • rasa sakit atau pendarahan saat ML
  • sensasi terbakar dengan buang air kecil
  • perdarahan antar periode menstruasi.

# Gangguan Pencernaan

Berbagai masalah dalam sistem pencernaan memiliki potensi untuk menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Namun, masalah ini tidak khas terjadi pada wanita saja, melainkan kaum pria juga dapat mengalaminya.
Beberapa contohnya yaitu konsumsi alkohol berlebihan, makanan pedas, terlalu asam, dan lain sebagainya. Kondisi lain, yang berupa penyakit seperti

  • Diverticulitis, biasanya terjadi pada wanita paruh baya atau lebih tua saat kantong di usus besar (diverticuli) mengalami infeksi.
  • Masalah usus. Irritable bowel syndrome (IBS) biasanya menyebabkan nyeri perut intermiten dimulai pada remaja akhir atau awal 20-an, sementara kebanyakan wanita dengan penyakit radang usus (Crohn disease atau kolitis ulserativa) mulai mengalami gejala mereka antara usia 15 dan 40.
  • Gastroenteritis, atau diare infeksius, dapat menyerang pada usia berapa pun.

# Gangguan Saluran Kemih

Seorang wanita mungkin mengalami rasa sakit di mana saja di sepanjang saluran kemihnya, dari ginjal kiri ke ureter kiri yang mengalirkan ginjal ke kandung kemih. Penyebab umum nyeri saluran kemih termasuk batu ginjal, infeksi ginjal atau infeksi kandung kemih sederhana.

# Gangguan Kulit dan Saraf

Berbagai macam kondisi yang tidak terkait dengan organ dalam dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah. Misalnya, herpes zoster dapat mempengaruhi kulit dan saraf yang mendasari berbagai rasa nyeri di area tubuh, termasuk perut.

Bantalan tulang yang tergelincir dapat menekan syaraf yang menuju ke perut, menyebabkan rasa sakit, dan setiap massa seperti tumor di dalam perut sebelah kiri dapat menyebabkan nyeri dengan menekan pada struktur perut yang berdekatan.

Kapan Harus ke Dokter?

Ada sejumlah tanda peringatan yang harus diwaspadai terkait sakit perut kiri bawah. Misalnya, demam tinggi atau menggigil yang mengindikasikan seseorang sedang mengalami infeksi serius. Muntah atau diare parah, yang dikhawatirkan menyebabkan dehidrasi dengan cepat.

Carilah perawatan medis darurrat jika rasa sakit terasa parah atau jika terlihat tanda-tanda pendarahan internal, seperti BAB bedarah, atau muntah berdarah atau terlihat kehitaman seperti bubuk kopi.

DISKUSI TERKAIT