Sayuran untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Rutin Dikonsumsi

Ibu hamil sangat membutuhkan makanan sehat dengan jumlah yang cukup guna menunjang kesehatan diri dan bayi yang dikandungnya. Salah satu sumber nutrisi terbaik adalah sayuran. Mengingat pentingnya sayuran, berikut ini kami rangkumkan beragam jenis sayuran untuk ibu hamil yang sebaiknya rutin dikonsumsi.

Saat mengandung, ibu hamil umumnya juga akan mengalami perubahan mood yang berpengaruh pada pola makan atau sering juga disebut ngidam. Sebagian ibu hamil bahkan enggan makan sayur dan malah memilih makanan dengan kandungan gula tinggi seperti coklat, cake atau es krim.

Padahal, nutrisi yang tepat sangat penting untuk ibu hamil. Selain untuk menjaga pertumbuhan janin tetap baik, diet yang tidak seimbang juga akan menyebabkan berbagai masalah kehamilan seperti sembelit, perut kembung serta gula darah tinggi. Oleh karena itu variasi makan perlu dilakukan, terutama sayuran dan buah yang kaya serat dan vitamin.

Tidak hanya kaya serat yang penting untuk saluran cerna, sayuran juga kaya akan A, C, D, K, asam folat, kalsium, zat besi dan magnesium. Beragam vitamin dan mineral penting ini sudah tersedia secara alami pada beberapa jenis sayuran, berikut ulasannya.

12 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil

Sayuran yang baik untuk ibu hamil terutama dilihat dari kandungan nutrisinya yang kaya akan zat besi, asam folat serta berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil. Berikut ini ulasan beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Brokoli

brokoli sayur hijau kaya kalsium dan asam folat

Brokoli merupakan sayur hijau kaya kalsium dan asam folat

Sayuran yang sering dijadikan tambahan dalam sup ini merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan kalsium dan asam folatnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk janin dalam kandungan. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C, K, A, B6, kolin serta antioksidan dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, kulit, mata dan tulang ibu hamil.

2. Bayam

bayam sayur untuk ibu hamil yang kaya zat besi

Bayam, sayur untuk ibu hamil yang kaya zat besi

Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang terkenal akan kelezatan dan beragam khasiatnya. Kandungan serat dan zat besi yang tinggi membuat sayuran ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Selain itu bayam juga kaya akan asam folat, vitamin C, kaslium, vitamin B6, riboflavin dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Bayam biasa dikonsumsi dalam bentuk beningan sayur atau direbus dan dijadikan lalapan bersama nasi atau lontong. Namun perlu berhati-hati jika ibu hamil memiliki masalah asam urat, karena bayam tinggi kandungan purin yang dapat memicu naiknya asam urat.

Baca juga: Manfaat sayur bayam untuk kesehatan.

3. Kangkung

kangkung cabut salah satu sayur sehat untuk ibu hamil

Kangkung cabut salah satu sayur sehat untuk ibu hamil

Sayuran yang sangat akrab dengan lidah orang indonesia ini ternyata juga sangat baik untuk ibu hamil. Beragam nutrisi yang dikandungnya dapat membantu mencukupi kebutuhan ibu dan janinnya. Diantaranya seperti vitamin K, zat besi (Fe), kalsium, magnesium dan zinc. Untuk meningkatkan citarasa kangkung, sayuran ini biasa disajikan dalam bentuk tumisan atau lalapan bersama sambal pecel.

4. Sawi hijau atau bok choy

sawi hijau atau pak choi yang kaya asam folat

Sawi hijau atau bok choy yang kaya asam folat

Sayuran dari jenis sawi-sawian yang sering dijumpai dalam menu masakan chinese ini merupakan salah satu jenis sayuran untuk ibu hamil. Kandungan asam folat, vitamin C, vitamin B6, kalsium, magnesium dan zat besi nya cukup banyak sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil. Kandungan seratnya juga dapat membantu menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil.

5. Collard Green

collard green sayuran untuk ibu hamilSalah satu jenis sawi-sawian dengan dauh hijau dan lebar ini memang masih jarang diperjualbelikan di pasar tradisional Indonesia, namun nutrisinya tidak kalah dari sayuran hijau lainnya. Warna hijau gelap dari sayuran ini menandakan bahwa ia kaya akan serat, selain itu ia juga tinggi protein nabati, folat, vitamin A, vitamin B6, kalsium dan riboflavin yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Sayuran ini sering disajikan dalam bentuk tumisan atau campuran salad.

7. Swiss chard

swiss chard sayur untuk ibu hamilSwiss chard merupakan salah satu lagi jenis sayuran untuk ibu hamil yang masih jarang dikonsumsi di Indonesia. Sayuran ini masih merupakan golongan sawi-sawian dengan dauh hijau lebar namun memiliki batang yang berwarna kuning atau kemerahan.

Swiss chard kaya akan kandungan vitamin K, zat besi (Fe), kalsium, magnesium, vitamin A dan Zinc yang sangat baik untuk diet ibu hamil. Sayuran ini biasa disajikan dalam tumisan atau salad.

8. Ubi jalar kuning

ubi jalar kuning baik untuk ibu hamil

Tanaman dari jenis umbi-umbian dengan isi berwarna kuning  ini memiliki beragam kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Diantaranya vitamin C, asam folat dan serat serta karetonoid dan potasium. Umumnya ubi jalar kuning di sajikan dengan di rebus, namun jika bosan bisa juga dipanggang atau digunakan dalam campuran kue.

9. Kacang polong

kacang polong baik untuk ibu hamil

Jenis sayuran untuk ibu hamil lainnya adalah kacang polong. Biji dari jenis tanaman polong-polongan ini mengandung cukup banyak nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat, magnesium, zat besi, vitamin A dan C serta serat pangan yang baik untuk pencernaan.

Selain sering disajikan sebagai tambahan sup sayuran, kacang polong juga bisa dinikmati sebagai cemilan ibu hamil dikala senggang atau saat tidak selera dengan sayuran dari jenis daun. Atau bisa juga ditambahkan dalam sajian salad.

10. Buah bit

buah bit dapat meningkatkan sirkulasi darah

Sayuran dari jenis umbi-umbian dengan warna merah ini kaya akan asam folat, vitamin C dan zat besi. Bit juga dapat menjaga fungsi hati tetap sehat dan membantu membersihkan toksin di dalam darah sehingga dapat menjaga ibu hamil dari berbagai masalah kehamilan. Buah bit paling sering dikonsumsi dalam bentuk jus namun bisa juga dikreasikan dalam bentuk campuran sayur atau kue.

Baca juga: Manfaat buah bit untuk kesehatan.

11. Siwil atau cuciwis

siwil atau cuciwis sayur yang baik untuk ibu hamilSayuran dengan warna hijau gelap yang tergolong jenis sawi-sawian ini merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil. Sayuran dengan kandungan asam folat, kalsium, vitamin A dan C ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk tumisan dan dicampurkan dengan bahan lain seperti daging sapi atau udang. Seratnya yang tinggi juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil.

12. Asparagus

asparagus sayuran sehat untuk ibu hamil

Sayuran untuk ibu hamil satu ini mungkin kurang terkenal di Indonesia. Mencarinya di pasar tradisional pun mungkin agak sulit, biasanya sayuran ini hanya di jual di swalayan dan merupakan jenis sayuran impor. Dibalik harganya yang mahal karena jarang ditemui sayuran ini ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin K, B komplek, C, A dan asam folat serta serat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Karena begitu pentingnya sayuran untuk ibu hamil. Sebaiknya jenis makanan ini rutin dikonsumsi setiap hari selama kehamilan. Jika dirasa bosan, sayuran-sayuran ini juga bisa dikreasikan penyajiannya agar lebih nikmat di konsumsi.

Selain itu pastikan untuk selalu mencuci bersih sayuran sebelum diolah, karena sayuran berisiko jadi tempat bersarang bakteri yang mungkin membahayakan kehamilan. Sayuran organik juga lebih disarankan dibanding sayuran yang diberi pestisida kimia. Sayuran organik lebih aman, lebih sehat dan menyehatkan.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT